Sunday, January 15, 2012

Pentingnya Semangat Gotong Royong

Lagi asik-asiknya sarapan pagi di hari minggu yang bebas dari segala aktifitas rutin selama 6 hari serta ditemani dengan cemilan yang GARING, ditambah dengan segelas kopi panas eh...terdengarlah suara pentongan yang dipukulkan di tiang listrik.... Ting... ting.... ting.... ting.... seperti itulah kira-kira bunyinya... 

      
      Didaerah kami dengan cara itulah masyarakat mengajak para warga untuk melakukan gotong royong baik itu melakukan kegiatan menebas rumput yang sudah mulai meninggi, membersihkan selokan, parit, membakar sampah yang sudah kering sekaligus bercanda tawa bersama. 

      Pada dasarnya semangat gotong royong bukanlah kegiatan yang melelahkan atau menjadi beban, melainkan suatu kebersamaan yang jarang di dapatkan. Dengan kita bersama-sama bekerjasama dalam upaya membersihkan lingkungan, secara tidak langsung kita juga memper-erat tali silaturahmi kepada tetangga-tetangga kita. Bayangin saja selama 6 hari dalam seminggu kita disibukkan dengan kegiatan-kegiatan rutin dari sekolah, kuliah, dan kerja tentunya, dengan begitu waktu kita untuk berinteraksi di dalam masyarakat sangat minim sekali. Kan kita makhluk sosial jadi gak bisa hidup sendirian.
      Gotong royong merupakan kegiatan yang sangat positi dilakukan di lingkungan kita, mungkin pada beberapa daerah ada yang tidak pernah lagi melakukan gotong royong bersama warganya, hal ini disebabkan karena mungkin disibukkan dengan padatnya pekerjaan mereka. Jika di daerah pedesaan gotong royong sangat membudaya sekali berbeda dengan halnya di kota yang relatif hidupnya individualistik, yang mungkin beranggapan gotong royong ini menghabiskan waktu saja toh dilingkungan rumah saya saja juga sudah bersih dan indah ungkapnya. 

      Kesalahpahaman mengenai gotong royong inilah yang membuat orang enggan untuk melakukannya, padahal dengan gotong royong semangat persaudaraan dan kebersamaan itu akan mengakar pada warga. Untuk saya pribadi Gotong royong sangat dirindukan karena dengan begitu kita bisa bertemu teman-teman yang ada dan bersama-sama melakukan aktifitas yang jarang dilakukan, sambil bercanda, tertawa, dengan tidak mengesampingkan tujuan utama dalam menyelesaikan pekerjaan.
Sobat semua, coba deh sobat menanamkan semangat gotong royong di dalam hati kita. Kan gotong royong gak tiap hari, hanya semigu sekali atau bahkan sebulan sekali, apa salahnya bila kita jadikan gotong royong sebagai kebudayaan di lingkungan kita, agar gotong royong ini menjadi akrab dan kental di dilakukan masyarakat.
     Ayo sobat semua, bersama-sama memudayakan Gotong Royong....
ROYONG.... ROYONG..... ROYONG.... ROYONG.....

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home