Wednesday, February 17, 2016

Apa itu Blogger yang baik? Bagaimana dengan saya?

Kemarin pas lagi blogwalking(blogger harus senang blogwalking dong) sempat singgah ke websitenya Panduan belajar blog. Disana sempat membaca tentang 8 tanda blogger yang baik. Sedikit dapat pencerahan tentang penilaian terhadap seorang bogger. Untuk itulah saya juga tertarik untuk berpendapat dan berdiskusi (ceileeee.. Diskusi.. Buat yang mau aja deh..). Menurut saya pribadi untuk Blogger yang baik itu yaitu :

1. Senang menulis dan membaca.
Nah poin yang pertama ini harus wajib dimiliki oleh para blogger bukan, gak mungkin kan blogger gak punya tulisan untuk dipostingkan ke blognya sudah tentu tulisan inilah yang akan menjadi obyek ngeblog. Jika bogger senang menulis sudah dapat dipastikan dia gak akan bingun lagi untuk menulis apa besok, lusa, dan seterusnya... dengan kegemaran menulisnya itu, maka seorang blogger juga tentunya perlu membaca dan mendapatkan informasi sebagai referensi dalam tulisannya, baik itu tulisan yang sifatnya sekedar informasi, akademik, umum, share, tutorial, sampai curhat sekalipun. Jika saja Kegemaran dalam menulis dan membaca ini dikembangkan mungkin gak akan ada lagi yang namanya postingan COPAS yang mungkin banyak dilakukan oleh blogger, ini dikarenakan kurangnya bahan untuk dishare di dalam postingannya. Bisa juga dikatakan gak mau banyak berfikir.

2. Jujur dan dapat dipercaya oleh pengunjung.
Sifat jujur ini sangat umum tidak hanya bagi blogger namun untuk masing-masing individu juga harus memilikinya. Kebayangkan jika sobat mengunjungi blog seseorang yang gak taunya isi blog tersebut spam yang isinya penipuan, atau membohongi para pengunjung yang membacanya. Hal ini dapat dipastikan akan mengakibatkan tingkat kepercayaan pengunjung berkurang. Sedapatnya bila sobat ingin memposting sebuah tulisan di blog sobat maka buktikan dulu atau praktekkan sendiri lalu mulailah untuk membaginya ke pengunjung blog, jikapun ada kendala untuk melakukan itu maka cobalah untuk jujur bahwa sobat sendiri belum mencobanya dan beri referensi kemana pengunjung harus pergi.

3. Dekat degan pengunjung
Sering pula saya dapatkan blogger yang jarang untuk memberikan balasan atas komentar dari pengunjungnya sehingga pengunjung yang berkomentar terkesan tidak dihargai. Meskipun mungkin jawaban atas komentar itu tidak dibaca oleh pemberi komentar, namun pemberi komentar lainya juga bisa menilai atas tanggapan sobat disana. Saya sendiri sering melihat postingan yang dikomentari hingga 80 Komentar namun adminnya berkomentar hanya 2X. Untuk itu cobalah berikan tanggapan atas komentar yang diberikan pengunjung meskipun hanya sekedar ucapan terima kasih dengan begitu sobat akan terkesan dekat dengan para pengunjung yang ada.

4. Saling membantu antara blogger
Dalam hal ini saya pribadi terkadang sering mengajukan pertanyaan kepada Admin sebuah blog namun ditunggu2 selama seminggu setelah blognya update jawaban tersebut tidaklah ditanggapi. Untuk menjadi blogger yang baik harusnya dapatlah saling membantu sebisa mungkin. Sehingga apabila kita membutuhkan bantuan kita juga bisa minta bantuan.  

5. Sosial Network yang baik
Sosialisasi dengan blogger lainnya nyaris sangat dibutuhkan dalam ngeblog, mengapa? dengan bersosialisasi kita akan mudah mengembangkan blog. Sosial network dapat dibangun dengan komunikasi lewat YM, Facebook atau yang lainnya. Untuk sekedar bertukar link/banner dan saling follow blog juga sangat bermanfaat dengan begitu kita bisa menilai seorang blogger itu bersahabat atau tidak. Blogger yang bersahabat tentunya sangat disenangi oleh rekannya.

6. Menyempatkan waktu untuk Blogwalking
 Pekerjaan inilah yang harus rutin dilakukan oleh blogger yang baik, Blogwlking merupakan kunjungan ke blog lainnya khususnya blog sahabat2 sobat. Sedapat mungkin diwaktu sobat sedang Ol dan Update blog sobat sekalianlah untuk mengunjungi blog teman sehingga teman kita juga gak sungkan untuk blogwalking ke blog kita.

Nah, yang saya sampaikan diatas merupakan pendapat saya secara umum terhadap seorang Blogger yang baik.. Masih banyak lagi sifat yang harus dimiliki blogger yang baik yang tentunya terhadap penilaian tersebut sangat relatif. Bagaimana dengan sobat? Apakah sobat termasuk Blogger yang baik... Blog ini sendiri sedang menapaki sifat2 tersebut untuk menjadi seorang blogger yang baik. Mari kita sama2 mencoba keenam sifat blogger ini  

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home