Friday, March 04, 2016

Cara mengatasi kebocoran regulator tabung gas LPG


Sobat, mungkin beberapa diantara kalian pernah mengalami kesulitan ketika melakukan pemasangan tabung gas LPG. Kendala yang kita bahas kali ini adalah terkait kebocoran gas saat melakukan pemasangan regulator ke tabung gas nya, ini pengalaman saya pribadi ketika akan mengganti tabung gas di rumah. Jadi ketika saya memasukan regulator
ke puting tabung gas nya  kemudian dikunci namun masih terdapat gas yang masih keluar, terkadang bersuara pelan sering pula terdengar sangat keras, meskipun terasa pelan namun aroma gas terasa sangat menyengat di hidung. Ini betarti kebocoran terjadi diantara puting tabung gas dengan regulatornya.
    Yang paling sering kita lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti cincin penyekat (seal/paken) yang biasanya sudah terpasang di dalam puting tabung gas, tentunya kita akan menggantinya dengan seal yang agak besar. Lalu bagaimana bila setelah seal diganti berulang kali namun hasilnya tetap sama.
    Trik ini mungkin bisa kalian terapkan ya sobat. Ambil lah karet gelang satu atau dua buah, kemudian lilitkan dengan kencang pada puting tabung gas di bagian luar dengan karet tersebut. Bila satu tidak menunjukkan hasil yang signifikan cabut lagi regulator nya dan lilitkan kembali karet gelang yang ke dua, begitu seterusnya hingga gas sudah terasa tidak keluar lagi. Perlu juga diperhatikan ya sobat untuk melilitkan karet ini dengan rapi ya, agar antara puting tabung gas dengan regulator tidak terdapat celah untuk dilalui gas.
Penyebab renggangnya jepitan ini bisa disebabkan oleh regulator yang mungkin sudah agak lama dan soak sehingga tidak dapat menyekat/mengapit puting tabung gas dengan sempurna. Bila hal ini tidak pernah kalian alami pada tabung-tabung sebelumnya kemungkinan juga bisa disebabkan karena puting bawaan tabung gas nya agak kecil sehingga regulatornya terpasang agak longgar.
    Nah sobat, Trik ini mungkin belum banyak diketahui oleh beberapa orang, bagi kalian yang mempunyai masalah yang sama, ini patut untuk di coba ya. Bila kalian ingin mengetahui terkait penyebab terjadinya ledakan tabung LPG coba kalian kunjungi website berikut ya,

Selamat mencoba..

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home