Sunday, March 06, 2016

Penurunan tarif tenaga Listrik - Maret 2016

Sobat sekalian, tahukah kalian bahwasanya tarif tenaga listrik itu setiap bulannya mengalami perubahan? hal ini merupakan kebijakan dari PT. PLN (Persero) itu sendiri. Sebelumnya saya juga belum mengetahui hal ini, belakangan saya membeli voucer listrik (listrik prabayar loh) di indomaret yang nominalnya Rp. 100.000,- karena daya di rumah saya 1300VA saya bisa mendapatkan sebesar 66,0 kWh, namun untuk bulan ini
saya coba membeli dengan nominal yang sama ditempat yang sama ternyata mendapatkan 67,7 kWh, hem.. kenapa bisa beda gini ya. iseng-iseng cek ke PLN ternyata memang ada perubahan penurunan tarif untuk bulan ini .

      Perubahan tarif ini memang melakukan penurunan semenjak beberapa bulan lalu, setidaknya tercatat untuk daya 1300VA di bulan Desember 2015 seharga Rp. 1509,38/kWh, untuk dibulan Januari 2016 Rp. 1409,16/kWh, Bulan Februari 2016 Rp. 1392,12/kWh, dan di bulan ini Maret 2016 Rp. 1355,29/kWh. Memang sih judulnya penurunan harga, tapi kalau dilihat dari kWh yang di dapat saat beli 66,0 vs 67,7 = 01,7 kWh apa sedapnya coba kan? palingan ini gak samapi 2 jam, hehe.. mengeluh ya, tapi tidak bisa dipungkiri kalau kita sangat membutuhkan listrik untuk kebutuhan sehari-hari, jadi mau gak mau ya kita harus menerimanya.
   
      Salah satu cara agar biaya untuk pengeluaran penggunaan listrik kita berkurang secara signifikan yaitu dengan berhemat, baik dari segi penggunaannya/jam nyala hingga memilih alat-alat elektronik yang hemat energi. Sudah banyak kok produk-produk yang lebelnya hemat energi jadi kita harus cerdas untuk memilih-milihnya ya sobat.

Berikut info perubahan tarif tenaga listrik untuk bulan Maret 2016
      Jadi Perlu juga kalian ketahui ya jika ada perubahan tarif listrik seperti ini, bagi pelanggan listrik prabayar khususnya, bisa dikatakan bahwa penurunan/kenaikan tarif listrik bukan berarti terjadi penurunan/kenaikan harga beli, akan tetapi dengan harga beli yang sama jumlah kWh nya yang akan bertambah/berkurang ya.

Semoga informasi ini bisa membantu sobat semua ya,

Salam hangat :)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home