Wednesday, February 15, 2012

Cara menyembunyikan file di komputer

Sobat blogger sekalian, mungkin diantar sobat masih ada yang belum tahu bgaimana cara menyembunyikan file yang disimpan di komputer baik itu di sistem C, sistem D, atau di flashdis sobat. Trik ini banyak juga manfaatnya, manfaat yang saya rasakan sendiri adalah saya menyembunyikan driver backup untuk komputer saya yg CD nya entah kmana. Dengan penyembunyian itu, bagi user atau pengguna lain yang tidak mengetahui kegunaan file tersbut bisa saja file itu dihapus atau tidak sengaja dihapus. Oleh sebab itu ada baiknya bila filenya tidak terlihat atau disembunyikan. Banyak dari rekan-rekan yang mungkin menggunakan trik ini untuk menyimpan file porno(inget dosa). Nah bagi sobat, jangan ampe berniat kayak gitu yah, gak baik. 

Oke langsung aja saya kasi tau caranya, yang menurut saya simple banget.
Pertama-tama tentukan file atau folder yang ingin disembunyikan. Jika sudah klik kanan mouse pada file/folder tersebut, arahkan kursor ke pilihan Properties. 

 

Selanjutnya akan muncul box properties.

Nah pada bagian bawah ada 2 pilihan yang dapat dicenteng. Untuk menyembunyikan, sobat tinggal centeng pilihan Hidden. Selanjutnya klik "Aply" dan klik sebelahnya "OK" sekarang files/foldernya telah bersembunyi, jika masih terlihat (warna filenya buram) coba klik kanan mouse dan pilih refresh. 

 
Bagaimana hasilnya berhasil bukan? Sekarang file tersebut sudah tidak bisa dilihat lagi oleh orang yang gak berkepentingan.

Kedua adalah cara untuk melihatnya bagi sobat. Untuk melihat files/folders yang di hiden tadi, sobat cari menu "Tools" pada toolbar standart, lalu pilih "folder option".


Maka keluar box lagi pilih "view" nanti akan terdapat lagi pilihan untuk dicenteng, centeng "show hiden files" klik "aply" dan "OK" dah keliatan kan sekarang? 


Warna files/folder yang disembunyikan warnanya kembali seperti semula buram/transparant. gitu Jika mau disembunyikan lagi ikuti petunjuk kedua lalu tukar centeng tadi menjadi "do not show hidden files and folders" dan hasilnya file/folder tersbut gak kelihatan lagi.

Oya tambahan jika mau mengembalikan file/folder kpada keadaan semula, sobat tinggal ikuti petunjuk pertama dan hilangkan centengan "hiden".

Bagaimana cukup mudah bukan. Semoga tips n trik ini bermanfaat ya, n diblog ini menjadi tempat-bersinggah yang nyaman bagi sobat.


Udah Ane coba ni sob dan tentunya berhasil donk..

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home