Saturday, February 18, 2012

Website Scam/Spam yang berkeliaran



Sobat sekalian pernah gak ngalamin saat-saat yang penuh harap untuk mendapatkan informasi dari search engine terutama embah gugel?? terkadang kita memulai pencarian dengan dengan mengetikkan apa yang ada dipikiran kita dan setelah dicoba telusur muncullah 10 website yang menurut mbah guugle itu memiliki rating yang bagus, namuuuun.... ketika
kita klik website dengan rating pertama tersebut ternyata informasi yang kita dapatkan tidak tersedia disana... gimana gak kesal coba kan?? Yah masih mending kalau cuma sekali tapi jika sudah berkali-kali wah bikin jengkel sekali bukan.. Website yang seperti inilah yang dikategorikan sebagai website Scam/Spam mereka hanya menyediakan judulnya doang agar para pengunjung datang ketempatnya namun setelah pengunjung tiba di websitenya malah memberikan postingan "maaf informasi yang anda cari tidak tersedia" gubraaa..aak... Maf sih maf tapi gak gitu juga kali caranya.....
Pendapat saya dalam fikiran kecil ini bahwa mereka hanya membutuhkan trafick pengunjung ketimbang kepuasaan layanan,..
Ada pula banyak website yang menawarkan pekerjaan atau bisnis namun bisnis yang mereka tawarkan tidaklah benar, testimoni yang mereka karang di website mereka tidak jarang dipercayai oleh orang-orang awam dengan bisnis online artinya apa mungkin belum pernah ketipu kali ya.... hehehe... Sekedar tips bagi sobat semua dalam mempercayai website yang sobat kunjungi... sumber yang saya baca dari http://sanjisan.wordpress.com/2011/11/02/ciri-ciri-bisnis-online-penipuan-scam beliau menyampaikan tentang cir dari website scam itu seperti apa, ciri-ciri websitenya yaitu :

1. DOMAINNYA GRATISAN
Bisnisnya masih perlu dipertanyakan jika menggunakan domain gratis. Bagaimana kita bisa percaya jika situsnya gratisan?
Ini menunjukkan bahwa bisnis tersebut tidak aman dan dapat dimatikan (di-non-aktifkan) kapan saja oleh penyedia domain gratis tersebut. Contoh layanan domain gratis yang sudah tidak aktif lagi: co.tv, cz.cc, fren.jp, dan sebagainya.
Jika website/situs berbayar saja masih belum tentu bisa dipercaya, apalagi situs gratisan? Bisnis tanpa modal? Atau memang ingin menipu?

2. WHOIS DOMAINNYA PRIVATE/DISEMBUNYIKAN
Waspadalah jika informasi tentang kepemilikan domainnya (whois recordnya) disembunyikan/private. Yang berarti bahwa tidak ada yang bertanggung jawab atas domain tersebut, karena pemiliknya tidak berani menunjukkan identitasnya.

3. WEB HOSTINGNYA GRATISAN
Bisnis itu tidak aman jika menggunakan web hosting gratisan. Juga tidak stabil, tidak jelas kualitas, performance, atau uptime-nya. Layanan hosting gratis seperti ini bisa mati/dimatikan sewaktu-waktu oleh penyedianya. Contoh layanan free hosting yang sudah tidak aktif lagi: byteact.com, 000webhost.org, geocities.com, oh-rainbow.net, dan lain-lain.

4. IDENTITAS PEMILIKNYA TIDAK JELAS
Hati-hati jika tidak ada identitas yang jelas tentang pemiliknya. Tidak ada yang bertanggung-jawab atas website/bisnis ini.

5. HANYA DIKELOLA OLEH SATU ORANG
Bisnis seperti ini berpotensi penipuan, karena hanya dikelola oleh satu orang. Jika terjadi sesuatu padanya (seperti: kecelakaan/sakit/mati) maka bisnis tersebut tidak bisa berjalan lagi, ini berpotensi scam terhadap pembeli yang membayar duluan tapi tidak mendapat produk.

6. ALAMATNYA TIDAK JELAS
Hindari bisnis online yang tidak memiliki alamat yang lengkap dan jelas.

7. TIDAK ADA NOMOR TELEPON LOKALNYA
Bisnis yang bisa dipercaya adalah jika memiliki nomor telepon lokal (sesuai alamatnya) yang bisa dihubungi.

8. TIDAK ADA FOTO PEMILIKNYA
Bisnis online lebih bisa dipercaya jika pemiliknya dapat/berani menunjukkan foto dirinya.

9. ADA KEBOHONGAN DALAM ISI/KONTENNYA
Jangan percaya jika isinya terlalu membesar-besarkan dan/atau terdapat unsur-unsur penipuan. Tepatnya “berbohong untuk menarik pembeli“. Salah satu contoh kata-kata penipuan yang populer adalah: “Produk bonus ini akan hangus jika anda memesan setelah tanggal xxx“, dan “Rahasia mengambil uang di ATM tanpa kurangi saldo awal“.

10. SISTEM BISNISNYA TIDAK JELAS
Tidak dijelaskan secara transparan, dan ada hal-hal yang disembunyikan. Banyak sekali penipu yang melakukan hal ini. Jangan mengikuti/membeli jika anda tidak tahu apa-apa tentang bisnis tersebut.

11. PRODUKNYA BURUK
Hati-hati, jika produknya ilegal, atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan, atau tidak berkualitas, dan hanya sebagai label/kamuflase untuk melakukan penipuan.

12. MONEY GAME
Money game adalah bisnis penipuan yang terlarang dan tidak aman, karena penghasilannya hanya dari perekrutan member baru, bisnis ini tidak akan berjalan jika sudah tidak ada member baru.
Tidak ada produk yang dijual, atau “produknya” hanya sekedar label dan pengantar untuk mendapatkan komisi dan keuntungan. Biasanya owner bisnisnya menolak disebut Money Game atau program piramid dengan alasan “ada produk” yang dijual, meski “produk” tersebut hanya asal-asalan (asal ada) atau hanya sekedar label untuk mendapatkan komisi (dari downline)

Bagaiman ada sedikit gambaran atau lagi mengingat2 wabsite yang pernah sobat kunjungi? Untuk itu kita harus bijak dan pandai-pandai dalam mempercayai program atau bisnis online yang ditawarkan. Sebagai acuan juga untuk sobat dalam mewaspadai website scam ini, di webnya Pak FX. Sukiyanto, S.Kom telah disediakan situs2 yang menyediakan program SCAM jika mau bisa lihat DISINI.
Nah... Bagaimana sobat? semoga kita gak ngerasain ya yang namanya ngikutin program spam/scam ini apalagi jika udah sampai merogoh kocek kita... haduuuh.. selain habis uang habis waktu pula.....
Demikianlah yang bisa saya bagi-bagi hari ini terima kasih sudah mau menyempatkan waktu untuk membacanya... 

Labels:

2 Comments:

At 20 February 2012 at 11:37 , Blogger Ray1991 said...

Follback suksess..
Makasih sob,

 
At 20 February 2012 at 16:10 , Blogger Imam said...

Oke sob... makasih buat kunjungannya...

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home